Pengenalan: Metode Numerik Part 1

Selamat pagi! Di seri ini saya ingin menuliskan apa yang saya dapat dari perkuliahan saya tentang metode numerik dengan pak Muhammad Nursalman, MT. (thanks pak! :D)

Let’s begin!

Apa itu metode numerik?

Metode numerik adalah metode yang mendapatkan nilai dengan menggunakan algoritma dan pendekatan. Menurut wikipedia sendiri gini

Numerical analysis is the study of algorithms that use numerical approximation (as opposed to general symbolic manipulations) for the problems of mathematical analysis (as distinguished from discrete mathematics).

Ya mirip-mirip lah 😀

Jadi untuk apa kita belajar metode numerik?

Komputer itu tidak seperti manusia yang bisa mengerjakan soal secara eksak. Misalnya turunan, kalau manusia yang ngerjakan sih gampang, pangkatnya dikebawahin terus kurang satu, gitu deh. Atau integral (jangan kabur, saya tahu kelihatannya seram), penyelesainnya bisa rumit dan intuitif, dan komputer tidak bisa mengerjakannya seperti manusia.

Jadi bagaimana komputer mengerjakannya? Dengan menggunakan pendekatan.

Mungkin sobat bertanya-tanya, “jika menggunakan pendekatan berarti jawabannya tidak tepat dong?” Hm… jawabannya benar-benar salah juga. Dalam metode numerik memang kita menggunakan pendekatan nilai, namun, eror relatif nya sangat kecil. Biasanya hanya berbeda 0.00001 sehingga nilai yang didapat bisa ditolerir.

Apa sih aplikasinya di dunia nyata?

Kenal dengan kurva Bézier? Itu pakai metode numerik lo 😀

Kebanyakan metode numerik digunakan di teknik sipil. Untuk apa aja? Menghitung ketahanan jembatan, mengira-ngira bentuk kerusakan pipa, bisa diketahui dengan metode numerik. Bahkan mengetahui penyebab rusaknya gedung WTC ketika kejadian 9/11 itu bisa diketahui dengan menggunakan metode numerik ini. Keren kan?

Ada lagi, kamu suka menggunakan CAD? Atau sekedar pengolah grafis seperti Blender? Atau lebih sederhana lagi seperti CorelDraw dan Inkscape? Untuk menggambarkan kurva-kurva yang ada itu menggunakan metode numerik lo! Ya, kurva itu tidak sekedar lengkungan indah, namun ada perhitungannya dari titik-titik tertentu.

Keren kan metode numerik?

Di postingan berikutnya saya akan memulai post tentang materinya, dimulai dari Metode Grafik Ganda.

Happy learning!