ARToolkit

Mendapat tantangan dari @ansharabdullah untuk membuat augmented reality *challenge accepted*

 

Apa itu augmented reality?

 

Diterjemahkan secara kasar ke bahasa Indonesia artinya kenyataan yang ditambahkan. Hurr… jadi gambaran grafis di komputer terlihat terasa nyata dengan menyelaraskannya bersamaan dengan dunia nyata. Contohnya kayak pas sepak bola ada yang offiside tiba-tiba di lapangan ada garis hitam tuh, tuh, augmented reality 😀

 

Dan syukurlah, saya bisa mengcompile tools ini (permulaan yang bagus, eh? 😀 )

Untuk membuat aplikasi Augmented Reality (AR) sudah banyak library nya di internet, salah satunya yang cukup terkenal (atau paling dikenal ya?) adalah ARToolKit.

 

Setelah googling, website yang pertama kami temui adalah http://www.hitl.washington.edu/artoolkit. Memang sih ada link download nya disana, tapi setelah saya download isinya nampaknya library semua ya? Saya sendiri jadi bingung, karena agak tidak sesuai dengan yang disebutkan di tutorial, tidak ada file project dsb (jadi curhat).

 

Namun syukurlah ada ketemu disini

http://mac.softpedia.com/get/Graphics/ARToolKit.shtml

Let’s get the boogey begin!

 

Ah, bahan-bahan yang disiapkan :

  1. Karena platform yang saya gunakan Mac (don’t blame me!) maka OS yang digunakan adalah Mac OSX. Saya pakai versi 10.6.8. Untuk yang menggunakan Windows saya rasa juga bisa karena di dalam folder download tersebut ada project untuk visual studio.
  2. XCode, saya pakai versi 3.2.6

 

Steps:

  1. Buka dulu folder terkompres ini. File yang saya download namanya ARToolKit-2.72.1.tgz  Hm.. karena formatnya tgz lebih nyaman jika menggunakan stuffit expander.
  2. Klik ARToolKit.xcodeproj untuk membuka project.
  3. JREEENG, jangan takut

    Jika kamu langsung mengklik Build and Run mungkin ada tulisan “GCC 4.2 is not compatible with the Mac OS X 10.4 SDK (file mAlloc.c)” atau sejenisnya, itu berarti konfigurasi project masih belum benar. Untuk memperbaikinya klik kanan di nama project (nama project ini ARToolKit. Ada di pojok kiri atas Groups and Files) > Get Info > General > pilih Latest Mac OSX di bagian Base SDK for All Configuration.
  4. Pastikan “Active Target”-nya adalah ARToolKit complete.
  5. Klik Build and Run.
  6. Mungkin akan memakan waktu yang agak lama. Ambil segelas kopi, atau… teh 🙂

Nah, kalau sudah di folder ARToolKit yang sudah kamu extract akan ada folder build. Aplikasi yang sudah di compile ada di build > Development. Itu cuman untuk alias nya saja sih. Yang asli nya ada di folder bin.
Jreeng, kamu sudah bisa menikmati mengikuti tutorial pembuatan aplikasi AR dengan ARToolKit di http://www.hitl.washington.edu/artoolkit/documentation/index.html. Yay!

  • ansharabdullah

    dih kapan saya menantang giri?